Mengenal Pantai Tanjung Bira, Tempat Singgah Api Obor Asian Games

– Kirab api obor Asian Games tidak berhenti melanjutkan perjalanannya mengelilingi Indonesia, kali ini giliran Sulawesi Selatan (Sulsel). Sesampainya di Sulsel kirab obor langsung menuju Pantai Tanjung Bira, Sabtu (28/7/2018).

Sebelum sampai di Tanjung Bira, rombongan akan berhenti dan melanjutkan perjalanan menuju Pantai Tanjung Bira dengan berlari membawa api obor Asian Games 2018. Terdapat 20 titik perhentian sebelum sampai di pantai.

Di sana api obor juga akan dibawa menyusuri pantai. Sesampainya di pantai akan ada festival di Pantai Tanjung Bira sekitar pukul 16.33 WITA. Acara penyambutan ini akan menampilkan kebudayaan Sulawesi.

Tanjung Bira merupakan titik nol kilometer Pulau Sulawesi, tepatnya terletak di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Tanjung bira merupakan salah satu wisata primadona di ujung Sulawesi Selatan.

Anda memerlukan waktu sekitar satu jam dari pusat kota Bulukamba dan empat jam dari Makassar dengan kendaraan pribadi untuk menuju Tanjung Bira.

Terdapat beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan. Berikut KompasTravel rangkum kegiatan di Pantai Tanjung Bira.

 

Anak-anak Pencari Kerang di Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi SelatanKOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Anak-anak Pencari Kerang di Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan

Menikmati Laut di Bibir Pantai Tanjung Bira

Keindahan alam laut yang jernih dengan pasir putih halus selalu menarik perhatian wisatawan. Laut pantai Tanjung Bira sangat tenang, ombak yang datang tidak terlalu kuat.

Anda dapat menyusuri garis pantai sembari menikmati deburan ombak dan pasir pantai putih. Anda juga bisa sekadar menikmati laut dengan bersantai di bibir pantai sembari bermain pasir bersama keluarga.

 

Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan.KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Olahraga Air dan Menyewa Kapal

Terdapat banyak kegiatan dan olahraga air yang bisa dilakukan, seperti banana boat hingga snorkeling. Terdapat kapal yang disewakan untuk mencapai ke Liukang Loe, hampatan pulau memanjang yang tak jauh dari bibir pantai.

 

Menu ikan laut bakar di warung pinggir Jalan Poros Bantaeng - Bulukumba. Menu ikan laut bakar di warung pinggir Jalan Poros Bantaeng – Bulukumba.

Menyantap Hidangan Laut

Setelah puas bermain air dan pasir di Tanjung Bira pasti membuat perut lapar. Mampirlah ke warung ikan bakar yang terdapat di sepanjang jalan Poros Bantaeng-Bulukumba. Tepatnya di jalan Pahlawan Bontosunggu, Kabupaten Jeneponto.

Menu yang ditawarkan adalah makanan khas Sulawesi, seperti konro, ikan bakar, ikan laut. Juga terdapat ayam goreng dan berbagai minuman ringan.

Fasilitas pendukung yang tak kalah penting seperti warung makan, warung oleh-oleh dan toilet umum juga sudah tersedia di Tanjung Bira.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *